Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/29012
Title: ANALISIS NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DENGAN PENDEKATAN HERMENEUTIKA
Authors: FATMA, SARY
Keywords: Hermeneutika;Nilai Pendidikan;Novel
Issue Date: 17-Jun-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan dengan pendekatan hermenutika pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Data penelitian ini adalah teks, ungkapan, kalimat dan pemahaman yang menggambarkan makna hermenutika seperti distansiasi, interpretasi, dan apropriasi dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah simak dan catat. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa novel Guru Aini memiliki nilai-nilai pendidikan yaitu berupa religius terdapat lima data, moral terdapat empat data, sosial terdapat lima data, karakter terdapat lima data dan intelektual terdapat empat data. Novel ini sangat menginspirasi bagi siapa yang ingin belajar, bagi para pendidik, bagi para peserta didik, dan harapan kepada pemerintah untuk keadilan pendidikan di Indonesia.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29012
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FATMA SARY LUX.pdfFull Text4.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.