Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28975
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SILVANI, PUTRI | - |
dc.date.accessioned | 2025-10-11T02:38:32Z | - |
dc.date.available | 2025-10-11T02:38:32Z | - |
dc.date.issued | 2025-08-07 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28975 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan menulis teks biografi oleh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks biografi dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional serta apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan menulis teks biografi. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 9 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil secara acak, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks biografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks biografi pada kelas eksperimen berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 80,33, sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata 51,5. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,87 > 1,67. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan menulis teks biografi oleh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Reciprocal Teaching | en_US |
dc.subject | Menulis | en_US |
dc.subject | Teks Biografi | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
skripsi akhir vani FIX 2.pdf | Full Text | 6.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.