Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28969
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN “SAVI” TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD SWASTA ISLAMIYAH DISKI KABUPATEN DELI SERDANG
Authors: Siti, Hardiyanty
Keywords: Pengaruh;Model;Pemelajaran;SAVI;Kreativitas
Issue Date: 13-Sep-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran “SAVI” terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Islamiyah Diski Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan Two Grup Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa IVB dengan 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata rata kelas eksperimen yaitu yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI adalah 77.00. Sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol yaitu yang diberi pembelajaran menggunakan buku teks pelajaran bahasa Indonesia saja adalah 29,24. Hal ini menunjukkan bahwa Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Islamiyah Diski Kabupaten Deli Serdang kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai thitung = 21,692 sedangkan nilai ttabel = 2,06390. Nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (21,692 > 2,06390), dengan demikian tolak Ho terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran “SAVI” terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Islamiyah Diski Kabupaten Deli Serdang.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28969
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI yanti Revisi (1).pdfFull Text4.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.