Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28955Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | FARAHDIKA, FEBRINA | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-10T03:17:53Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-10T03:17:53Z | - |
| dc.date.issued | 2025-09-12 | - |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28955 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perencanaan, penerapan dan hasil evaluasi dari metode pembelajaran bervariasi dalam mengafal al-Quran kelas VII. Lokasi penelitian terletak di SMP Islam AlFadhli. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Subjek penelitian adalah guru tahfidz dan siswa kelas VII SMP Islam AlFahdli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran tahfidz telah dilaksanakan secara sistematis dan matang oleh guru tahfidz. Pembagian waktu yang jelas antara tahsin dan tahfidz menunjukkan pertimbangan yang matang dalam menyeimbangkan kualitas bacaan dan penambahan hafalan. Penerapan metode pembelajaran bervariasi yang terdiri dari metode talaqqi, ziyadah, dan tasmi' terbukti efektif dalam mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa dan mencegah kebosanan dalam proses pembelajaran. Metode talaqqi memberikan pondasi yang kuat untuk kualitas bacaan, metode ziyadah dengan target minimal 3 ayat per hari menunjukkan penetapan target yang realistis, dan metode tasmi' memungkinkan evaluasi serta koreksi langsung terhadap hafalan siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata siswa mencapai kemampuan hafalan yang baik dan menunjukkan keberhasilan penerapan metode pembelajaran bervariasi dalam membangun pondasi bacaan yang kuat dan meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an. Penerapan metode pembelajaran bervariasi efektif dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an, dikarenakan sinergi ketiga metode tersebut tidak hanya fokus pada kuantitas hafalan tetapi juga kualitas bacaan sesuai kaidah tajwid. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Metode Pembelajaran Bervariasi | en_US |
| dc.subject | Menghafal Al-Quran | en_US |
| dc.subject | Talaqqi | en_US |
| dc.subject | Ziyadah | en_US |
| dc.subject | Tasmi’ | en_US |
| dc.title | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERVARIASI DALAM MENGHAFAL AL-QURAN KELAS VII DI SMP ISLAM ALFADHLI | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Islamic Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 2101020195.pdf | Full Text | 1.8 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.