Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28953Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | NABILA, HARLIKA NINGRUM | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-10T03:05:35Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-10T03:05:35Z | - |
| dc.date.issued | 2025-08-07 | - |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28953 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Ballstick pada siswa kelas II SBM Kepong Malaysia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model spiral Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi. Populasi pada penelitian ini adalah 10 siswa kelas II, dan sampel yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan indikator ketuntasan belajar individual, rata-rata kelas, dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar dari pra-siklus dengan ketuntasan hanya 10% siswa (rata-rata 38) menjadi siklus II dengan ketuntasan 90% siswa (rata-rata 87), yang termasuk dalam kategori peningkatan sangat besar. Mengindikasikan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan peningkatan yang sangat signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SBM Kepong. Hasil-hasil ini membuktikan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Ballstick terbukti berpengaruh efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan melalui kegiatan manipulasi konkret yang sesuai dengan karakteristik tahap operasional konkret siswa kelas II SBM Kepong Malaysia. Berdasarkan temuan yang telah dilaksanakan, model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Ballstick dapat di gunakan oleh guru lainnya, karena adanya peningkatan penggunaan yang signifikan pada materi penjumlahan. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Berbasis Masalah | en_US |
| dc.subject | Ballstick | en_US |
| dc.subject | Penjumlahan | en_US |
| dc.title | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA BALL STICK PADA SISWA KELAS II SBM KEPONG MALAYSIA | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| NABILA_HARLIKA_NINGRUM.pdf | Full Text | 4.92 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.