Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28946
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHIBATULLAH, RIFQOH-
dc.date.accessioned2025-10-10T02:47:26Z-
dc.date.available2025-10-10T02:47:26Z-
dc.date.issued2025-10-08-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28946-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penerapan pendidikan akhlak dalam upaya penguatan kepribadian Islami peserta didik di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Pendidikan akhlak menjadi aspek penting dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki nilai-nilai keislaman dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan sekolah meliputi integrasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran, keteladanan guru, kegiatan keagamaan rutin seperti sholat berjamaah dan kultum, serta pembiasaan sikap sopan santun dan tanggung jawab. Selain itu, keterlibatan orang tua dan pengawasan berkelanjutan turut memperkuat penerapan nilai akhlak. Penerapan strategi ini terbukti efektif dalam membentuk kepribadian siswa yang berlandaskan nilai-nilai Islam, seperti jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan saling menghargai.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectPendidikan Akhlaken_US
dc.subjectKepribadian Islamien_US
dc.titleSTRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PENGUATAN KEPRIBADIAN ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 57en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IQOH 123.pdfFull Text3.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.