Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28935
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRADISTY, NABAWI-
dc.date.accessioned2025-10-09T03:23:02Z-
dc.date.available2025-10-09T03:23:02Z-
dc.date.issued2025-08-07-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28935-
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI BD SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki tingkat perilaku membolos tinggi berdasarkan hasil observasi awal. Sampel penelitian terdiri dari 6 orang siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 3 siswa kelompok eksperimen yang mendapat layanan konseling individual dengan teknik token economy dan 3 siswa kelompok kontrol yang mendapat layanan konseling individual konvensional.Instrumen penelitian berupa angket perilaku membolos yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest pada kedua kelompok. Analisis data menggunakan uji t-test untuk mengetahui perbedaan skor pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individual dengan teknik token economy efektif dalam mengurangi perilaku membolos siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen, dimana skor perilaku membolos mengalami penurunan setelah diberikan treatment. Sebaliknya, pada kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa teknik token economy dalam layanan konseling individual lebih efektif dibandingkan dengan layanan konseling individual konvensional dalam mengurangi perilaku membolos siswa.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectLayanan Konseling Individualen_US
dc.subjectMediaen_US
dc.titleEFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK TOCEN ECONOMY UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NABAWI PRADISTY FIX 1 (1).pdfFull Text5.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.