Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28910| Title: | EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI FILM ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN SELF TOLERANCE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025 |
| Authors: | RAFIDA, ANNISA |
| Keywords: | Bimbingan Kelompok;Film Animasi;Self - Tolerance |
| Issue Date: | 7-Jul-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Layanan Bimbingan Kelompok melalui Film Animasi untuk Meningkatkan Self – Tolerance Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu one grup pretest and postest design. Pipulasi pada penelitian ini berjumlah 50 orang siswa, sedangkan dalam penentuan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling berdasarkan krtiteria Self – Tolerance, dengan jumlah 8 orasng siswa di kelas VIII yang berbeda 4 orang siswa dari kelas VIII-8 dan 4 orang siswa dari kelas VIII-11. Adapun instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang berjumlah 26 item pernyataan yang bertujuan untuk mengukur tingkat sikap Self – Tolerance peserta didik. Penelitian ini menggunakan Wilcoxon dan juga menggunakan SPSS 30. Adapun perolehan hasil penelitian ini yaitu probabilitas Asymp. Sig. (2tailed) Sikap Self - Tolerance siswa pada kelompok eksperimen sebesar 0,012 atau probabilitas dibawah alpha 0,05 (0,012<0,05) maka Ho ditolah dan Ha diterima. Disimpulkan adanya perbedaan antara hasil pretest dan postest terkait tingkatan Self – Tolerance. Dengan demikian dapat dikatakan Layanan Bimbingan Kelompok melaui Film Animasi Efektiv untuk Meningkatkan Self Tolerance Siswa Kelas VIII Smp Negeri 35 Medan. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28910 |
| Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI RAFIDA ANNISA.pdf | Full Text | 6.12 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.