Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28908Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | SA’DIYAH, ANGGRAINI DAULAY | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-08T02:29:04Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-08T02:29:04Z | - |
| dc.date.issued | 2025-05-27 | - |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28908 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan bentuk studi pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran “Ular Tangga” untuk mendukung proses belajar tematik pada siswa kelas III Sd Swasta Bersubsidi Bakti 1 Medan. Latar belakang dari penelitian ini ialah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan pembelajaran tematik, khususnya pada materi “Energi dan Perubahannya”, dikembangkan media pembelajaran Ular Tangga sebagai alat bantu dalam proses pengajaran. Pengembangan media ini mengikuti model pengembangan yang digunakan dalam peelitian ini adalah ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan utama: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini melibatkan satu orang guru wali kelas serta 22 siswa kelas III sebagai responden. Instrument yang digunakan berupa angket, dengan instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi yang ditujukan kepada tiga orang ahli serta angket kepraktisan yang diberikan kepada guru dan peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan media pembelajaran Ular Tangga layak digunakan dalam pembelajaran, dengan memperoleh rata-rata nilai 93% dari validator ahli desain media (kategori layak), 91% dari validator ahli bahasa (kategori layak digunakan), dan 95% dari validator ahli materi (kategori layak digunakan). Sedangkan untuk kepraktisan, media memperoleh rata-rata sebesar 93% diperoleh dari tanggapan guru (kategori praktis digunakan. Sementara itu, respon dari siswa mencapai 92% (kategori praktis digunakan). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan media pembelajaran ular tangga terbukti memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, sehingga sesuai untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran ditingkat Sd. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Pengembangan | en_US |
| dc.subject | Ular Tangga | en_US |
| dc.subject | Canva | en_US |
| dc.subject | ADDIE | en_US |
| dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBANTUAN CANVA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD SWASTA BERSUBSIDI BAKTI 1 MEDAN | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI SA’DIYAH ANGGRAINI DAULAY FIX KALI.pdf | Full Text | 4.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.