Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28855
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNandani, Fitri-
dc.date.accessioned2025-10-06T02:57:03Z-
dc.date.available2025-10-06T02:57:03Z-
dc.date.issued2025-08-30-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28855-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin serta merumuskan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru tahfidz, siswa, dan pihak manajemen sekolah. Teknik pengumpulan data melalului obervasi di lakukan dengan cara mengamati lingkungan sekolah serta siswa-siswi yang ikut dalam pembelajaran tahfidz Al Quran, sedangkan teknik wawancara di lakukan dengan mewawancarai guru tahfidz dan ustazah tahfidz yang ada di sekolah serta teknik dokumentasi yang di lakukan untuk mendapatkan data atau hasil kegiatan pembelajaran tahfidz Al Quran disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di sekolah meliputi keterbatasan waktu, kurangnya motivasi siswa, minimnya kompetensi pengajar, metode pengajaran yang monoton, serta kurangnya dukungan lingkungan dan orang tua. Untuk mengatasi kendala tersebut, solusi yang diterapkan antara lain penjadwalan ulang waktu pembelajaran, penggunaan metode hafalan yang bervariasi dan menarik, pelatihan bagi guru tahfidz, peningkatan komunikasi dengan orang tua, serta penerapan sistem evaluasi dan murojaah secara rutin. Dengan penerapan solusi yang tepat, pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di sekolah dapat berjalan lebih efektif dan memberikan dampak positif terhadap pencapaian hafalan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi sekolah dalam mengembangkan program tahfidz yang lebih terstruktur dan berkelanjutan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectTahfidz Al-Qur‟anen_US
dc.subjectKendala Pembelajaranen_US
dc.subjectSolusien_US
dc.subjectSekolahen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.titleAnalisis Kendala Dan Solusi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Di SMP Negeri 3 Tanjung Beringinen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FILE SKRIPSI NANDANII 9.pdfFull Text5.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.