Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28855
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Nandani, Fitri | - |
dc.date.accessioned | 2025-10-06T02:57:03Z | - |
dc.date.available | 2025-10-06T02:57:03Z | - |
dc.date.issued | 2025-08-30 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28855 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin serta merumuskan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru tahfidz, siswa, dan pihak manajemen sekolah. Teknik pengumpulan data melalului obervasi di lakukan dengan cara mengamati lingkungan sekolah serta siswa-siswi yang ikut dalam pembelajaran tahfidz Al Quran, sedangkan teknik wawancara di lakukan dengan mewawancarai guru tahfidz dan ustazah tahfidz yang ada di sekolah serta teknik dokumentasi yang di lakukan untuk mendapatkan data atau hasil kegiatan pembelajaran tahfidz Al Quran disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di sekolah meliputi keterbatasan waktu, kurangnya motivasi siswa, minimnya kompetensi pengajar, metode pengajaran yang monoton, serta kurangnya dukungan lingkungan dan orang tua. Untuk mengatasi kendala tersebut, solusi yang diterapkan antara lain penjadwalan ulang waktu pembelajaran, penggunaan metode hafalan yang bervariasi dan menarik, pelatihan bagi guru tahfidz, peningkatan komunikasi dengan orang tua, serta penerapan sistem evaluasi dan murojaah secara rutin. Dengan penerapan solusi yang tepat, pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an di sekolah dapat berjalan lebih efektif dan memberikan dampak positif terhadap pencapaian hafalan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi sekolah dalam mengembangkan program tahfidz yang lebih terstruktur dan berkelanjutan. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Tahfidz Al-Qur‟an | en_US |
dc.subject | Kendala Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Solusi | en_US |
dc.subject | Sekolah | en_US |
dc.subject | Pendidikan Islam | en_US |
dc.title | Analisis Kendala Dan Solusi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FILE SKRIPSI NANDANII 9.pdf | Full Text | 5.93 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.