Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28839
Title: | ANALISA TINGKAT KEMACETAN LALULINTAS DI RUAS JALAN KARYA MEDAN |
Authors: | MUHAMMAD, SHOLAHUDDIN |
Keywords: | Hambatan Samping;kapasitas;Derajat kejanuh |
Issue Date: | 12-Sep-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Jalan raya adalah faktor yang penting bagi perkembangan kehidupan manusia,karena perkembangan jalan dan perkembangan kehidupan manusia saling mempengaruhi. Meningkatnya kemacetan pada jalan perkotaan maupun jalan luar kota diakibatkan bertambah nya kepemilikan kendaraan,terbatasnya sumber daya untuk pembangunan jalan raya dan belum optimalnya pengoprasian arus lalulintas yang ada.Tujan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kemacetan lalulintas yang terjadi di ruas Jalan Karya Medan.Setelah diproleh data volume yang terjadi pada jam puncak, dilakukan analisa laluintas berdasarkan aspek teknik yang didasarkan pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023) untuk menentukan hambatan samping,tingkat kapasitas dan derajat kejenuhan di Ruas Jalan Karya Medan. Tingkat kepadatan paling maksimum pada ruas Jalan Karya Medan terjadi pada hari Senin, 30 Juni 2025 dengan angka yang di dapat sebesar 424 bobot kejadian dengan kelas hambatan samping yang dikategorikan hambatan samping tergolong sedang (S). Dan yang paling terendah terjadi pada hari sabtu, 5 Juli 2025 dengan angka yang didapat sebesar 226 bobot yang dapat di kategorikan hambatan samping tergolong rendah (R).Di ruas Jalan Karya ini terdapat pertokoan,kendaraan berhenti,kendaraan keluar masuk sembarangan.Nilai volume lalulintas di dapet mencapai 1841 smp/jam dengan kapasitas jalan sebesar 1536 smp/jam dan memiliki derajat kejenuhan 1,19 smp/jam. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28839 |
Appears in Collections: | Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI M.SHOLAHUDDIN.pdf | Full Text | 1.45 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.