Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28834
Title: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS V SD SWASTA BAKTI I MEDAN
Authors: LINGGA, APRILIA NOLA
Keywords: Media Pembelajaran Diorama;Keaktifan Belajar Siswa
Issue Date: 27-May-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai kurangnya keaktifan belajar siswa, guru kurang menggunakan variasi metode dalam pembelajaran dan media pembelajaran oleh sebab itu hanya beberapa siswa saja yang memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh menggunakan media pembelajaran diorama terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas V SD Swasta Bakti I Medan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Variabel bebas pada penelitian ini media pembelajaran diorama dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji indenpendent sample T-test mendapatkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berarti hasil nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti mendapatkan pengaruh signifikan media pembelajaran diorama terhadap keaktifan belajar siswa dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran diorama terhadap kekatifan belajar siswa kelas V SD Swasta Bakti I Medan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28834
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REVISI SKRIPSI_APRILIA NOLA LINGGA.pdfFull Text2.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.