Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28830
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK ALAT INDRA MANUSIA TERHADAP HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN
Authors: INTAN, AGUSTINA
Keywords: Media Pop Up Book;hasil belajar
Issue Date: 17-Jun-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Pop Up Book pada materi alat indra manusia terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimen). Sampel penelitian siswa kelas IV SD Muhammadiyah Medan berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Pop Up Book dengan yang tidak menggunakan media tersebut. Analisis hasil posttest mengungkapkan nilai signifikansi 0.000, yang kurang dari ambang 0,05; akibatnya, hipotesis nol (Ho) ditolak sementara hipotesis alternatif (Ha) diterima, menandakan hubungan yang signifikan secara statistik antara setiap variabel independen dan variabel dependen.Penggunaan media Pop Up Book terbukti dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi alat indra manusia, sehingga berdampak positif pada peningkatan hasil belajar IPAS. Dengan demikian, media Pop Up Book dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif di sekolah dasar.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28830
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cd intan 2102090267.pdfFull Text3.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.