Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28810
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARI, DEWI RATNA-
dc.date.accessioned2025-10-03T07:57:49Z-
dc.date.available2025-10-03T07:57:49Z-
dc.date.issued2025-06-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28810-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di SD Al Washliyah Medan Labuhan. Model TGT merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan kompetitif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerima perlakuan pembelajaran menggunakan model TGT, dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 6,993 lebih besar dari ttabel sebesar 1,679, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model TGT memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Model ini terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif, motivasi belajar, serta pemahaman konsep siswa secara lebih mendalam. Oleh karena itu, model pembelajaran TGT direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya di jenjang sekolah dasar.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD AL WASHLIYAH MEDAN LABUHANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cd dewiii 2102090276.pdfFull Text9.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.