Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28799
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIREGAR, RISKA DAMAYANTY-
dc.date.accessioned2025-10-03T03:18:30Z-
dc.date.available2025-10-03T03:18:30Z-
dc.date.issued2025-06-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28799-
dc.description.abstractAbstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berhitung siswa, khususnya dalam materi penjumlahan, yang menjadi kendala dalam memahami konsep dasar matematika. Banyak siswa belum mampu menguasai keterampilan ini sehingga kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) terhadap keterampilan berhitung siswa kelas II di Koksai Anusorn School. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 30 orang dan dijadikan sampel melalui teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis terkait materi penjumlahan, dengan analisis data yang meliputi uji validitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi berbasis AI memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan berhitung siswa. Uji independent t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti hipotesis alternatif diterima. Rata-rata nilai keterampilan berhitung siswa di kelas kontrol sebelum perlakuan adalah 4,67, tergolong rendah, sedangkan pada kelas eksperimen setelah penerapan AI, nilai rata-rata meningkat menjadi 8,60, tergolong tinggi. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan teknologi AI dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa secara signifikan dan menjadi pendekatan efektif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPengaruh; Penggunaan Teknologien_US
dc.subjectArtificial Intelligenceen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI BERBASIS AI TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KOKSAI ANUSORN SCHOOLen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARTIKEL RISKA DAMAYANTI SIREGAR.pdfFull Text8.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.