Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28702
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP ISLAM AL-FADHLI MEDAN
Authors: KHAIRANI, NADIYAH
Keywords: Model Pembelajaran PJBL;Hasil Belajar Fiqih
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al-Fadhli Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di SMP Islam Al-Fadhli Medan, Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Fadhli Medan yang beralamat Jl. Eka Bakti No. 86 LK. IV, Gedung Johor, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Fadhli yang berjumlah 43 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berupa pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ialah terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas ekperimen 69, 14 dan kelas control 56, 50, dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pada kelas kontrol (69, 14 >56, 50), dengan simpangan baku pada kelas eksperimen sebesar 21.976dan simpangan baku kelas kontrol sebesar 12.243. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII SMP Islam Al-Fadhli Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28702
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Perbaikan skripsi (Nadiyah Khairani).pdfFull Text4.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.