Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28700
Title: | PENGARUH KUALITAS LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PERFORMA AKADEMIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 17 DESA PON |
Authors: | SAFITRI, ELA |
Keywords: | kualitas lingkungan belajar;performa akademik |
Issue Date: | 22-Jul-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas lingkungan belajar terhadap performa akademik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII di SMP Swasta Muhammadiyah 17 Desa Pon. Kualitas lingkungan belajar mencakup aspek fisik seperti kenyamanan ruang kelas, pencahayaan, dan kebersihan, serta aspek psikososial seperti hubungan antara guru dan siswa, interaksi antarteman, dan suasana belajar secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis regresi linier sederhana. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VII yang dipilih secara total sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas lingkungan belajar terhadap performa akademik siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0.000 dan nilai R square sebesar 0.868, yang berarti 86,8% variasi dalam performa akademik siswa dapat dijelaskan oleh variabel kualitas lingkungan belajar. Dengan demikian, semakin tinggi kualitas lingkungan belajar yang dirasakan siswa, maka semakin tinggi pula performa akademik yang dicapai, khususnya dalam mata pelajaran PAI. Temuan ini menegaskan pentingnya menciptakan suasana belajar yang kondusif dan mendukung sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28700 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
2101020126.pdf | Full Text | 3.64 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.