Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28699
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Pinayungan, Darwin Suganda | - |
dc.date.accessioned | 2025-10-01T07:10:57Z | - |
dc.date.available | 2025-10-01T07:10:57Z | - |
dc.date.issued | 2025-07-07 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28699 | - |
dc.description.abstract | Penulis ini didasarkan pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah 12 Medan yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran IPAS. Gejala kesulitan belajar ditandai dengan hasil belajar yang buruk atau di bawah standar. Pembelajaran IPAS terpadu adalah pembelajaran yang dikemas dalam bentuk tema-tema yang didasarkan pada muatan beberapa mata pelajaran yang dipadukan atau diintegrasikan. Problem ini tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS pada kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara dengan guru, siswa, dan orang tua mereka. Penelitian ini menemukan bahwabagaimana siswa menghadapi tantangan belajar dalam pembelajaran IPAS dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Siswa menunjukkan sikap yang tidak wajar (sosial). Pencapaian akademik mereka rendah. Siswa menghadapi kesulitan membuat pemahaman baru (metacognition), kecepatan pemrosesan yang lambat, dan kesulitan menafsirkan apa yang dirasakan, didengar, dan dilihat. (Persepsi). Siswa kurang perhatian dan fokus saat belajar (Attention). Mereka juga terlibat dalam terlalu banyak kegiatan yang tidak bermanfaat, sehingga sulit untuk mengingat materi pelajaran (Memory). Faktor internal dan eksternal mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Faktor internal termasuk kurangnya perhatian dalam belajar (konsetrasi), kurangnya partisipasi dan respons siswa dalam kegiatan belajar (reaksi), lambatnya pemahaman siswa (pemahaman), dan nilai ulangan yang tidak tuntas. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Siswa yang mengalami kesulitan belajar | en_US |
dc.subject | Pembelajaran IPAS | en_US |
dc.title | ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PERTANYAAN PADA PROSES PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_Darwin_Suganda_Pinayungan_.pdf | Full Text | 3.27 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.