Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28671
Title: | ANALISIS PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN PADA RUAS JALAN KOLONEL BEJO (Studi Kasus) |
Authors: | AHMAD, FAISAL |
Keywords: | tata guna lahan;kinerja jalan |
Issue Date: | 3-Sep-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini mengkaji dampak transformasi tata guna lahan terhadap kinerja jalan di ruas Kolonel Bejo, Medan, yang mengalami perubahan fungsi dari kawasan permukiman menjadi pusat perdagangan dan jasa. Fokus utama analisis meliputi evaluasi peningkatan volume lalu lintas, penurunan kapasitas jaringan jalan, serta efektivitas pelebaran jalan sebagai solusi teknis. Metodologi penelitian menggabungkan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui survei lapangan (pengukuran volume kendaraan, hambatan samping, dan parameter geometrik) dengan data sekunder Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) periode 2022–2025. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan volume lalu lintas signifikan dari 7.358,85 menjadi 73.488,1 kendaraan/hari, disertai hambatan samping tinggi (370,6 kejadian/jam) yang menurunkan kecepatan arus bebas. Kinerja jalan mengalami degradasi kritis dengan Level of Service (LOS) melorot dari B ke F. Meskipun pelebaran jalan dari tipe 2/2-TT (8 meter) menjadi 4/2-T (12 meter dengan median 1,8 meter) meningkatkan kapasitas teknis, intervensi ini tidak mampu mengimbangi lonjakan bangkitan perjalanan akibat perubahan tata guna lahan. Temuan ini menegaskan bahwa solusi infrastruktur tunggal bersifat parsial dalam mengatasi kompleksitas masalah transportasi perkotaan. Integrasi kebijakan tata guna lahan, manajemen lalu lintas adaptif, dan pengendalian intensitas pengembangan kawasan menjadi prasyarat untuk mewujudkan sistem transportasi berkelanjutan dan menjaga aksesibilitas mobilitas masyarakat. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28671 |
Appears in Collections: | Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FAISAL AHMAD_2107210063.pdf | Full Text | 4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.