Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28669
Title: PENGARUH INTERAKSI DAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BANDAR
Authors: -, WIDIA
Keywords: interaksi;komunikasi guru
Issue Date: 17-Jul-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bandar, menganalisis pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bandar, dan menganalisis pengaruh interaksi dan komunikasi guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bandar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMP Negeri 2 Bandar yang berjumlah 48 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Dari hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh interaksi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji-t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi senilai 0,000. Dan terdapat pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji-t yang menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,039. Sedangkan dilihat dari hasil analisis uji-F yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 15,789 dan sig = 0,000. Maka dari hasil pengujian diperoleh Fhitung (15,789) > Ftabel (3,19) dan sig 0,000 < 0,05 artinya variabel independen secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel interaksi dan komunikasi guru secara simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa IX SMP Negeri 2 Bandar.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28669
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Widia 9.pdfFull Text4.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.