Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28662
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.date.accessioned2025-09-25T10:25:43Z-
dc.date.available2025-09-25T10:25:43Z-
dc.date.issued2025-06-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28662-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana film G-30S/PKI di Kampung Bharu Learning Center memengaruhi pemahaman siswa tentang keberagaman. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan ini dipilih karena menggunakan film G-30S/PKI sebagai alat bantu mengajar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keberagaman. Penelitian ini, yang melibatkan dua siklus dengan empat langkah masing-masing— perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi—dilakukan secara kooperatif oleh peneliti dan guru. Pemahaman murid-murid Kampung Bharu Learning Center tentang keberagaman meningkat akibat digunakannya film G-30S/PKI sebagai alat bantu pengajaran, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Temuan analisis data kuesioner, uji wawasan keberagaman (tes awal dan tes akhir), dan pengamatan yang dilakukan sepanjang proses pembelajaran semuanya menunjukkan betapa bermanfaatnya film ini. erdasarkan hasil angket, sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan video G-30S/PKI dalam pembelajaran, dengan skor rata-rata respon sebesar 91,42 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik Hal ini menunjukkan bahwa selain menarik perhatian siswa, konten video juga dapat meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif mereka dalam mempelajari beragam cita-cita.en_US
dc.subjectWawasan Kebhinekaanen_US
dc.subjectVideo G-30S/PKIen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPendidikan Kewarganegaraanen_US
dc.titlePENINGKATAN WAWASAN KEBHINEKAAN MELALUI PENGGUNAAN VIDEO G-30S/PKI DI SANGGAR BELAJAR KAMPUNG BHARUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
artikel khairani.pdfFull Text7.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.