Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28649
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorADILA, MAULIA-
dc.date.accessioned2025-09-25T03:44:34Z-
dc.date.available2025-09-25T03:44:34Z-
dc.date.issued2025-07-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28649-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses integrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan Guru PAI, Siswa dan Kepala Sekolah serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tanjung Beringin telah menerapkan sejumlah strategi dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada kurikulum merdeka, yang mencakup perencanaan pembelajaran, strategi pelaksanaan integrasi nilai keislaman, pemanfaatan media dan metode serta evaluasi pembelajaran. Adapun tantangan yang muncul yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam proses integrasi nilai keislaman, yaitu perbedaan latar belakang siswa, keterbatasan waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kurangnya pelatihan khusus bagi guru, minimnya koordinasi lintas mata pelajaran serta lingkungan keluarga dan pergaulan siswa yang kurang mendukung. Solusi yang diterapkan mencakup pembiasaan kegiatan keagamaan secara rutin, penyusunan modul ajar yang fleksibel, optimalisasi pembelajaran berbasis proyek, pengembangan kompetensi guru serta menjalin komunikasi dengan orang tua siswa.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleSTRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 TANJUNG BERINGINen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Maulia Adila (2101020018).pdfFull Text3.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.