Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28643
Title: Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN Di SDN 064965 Sidodame Kota Medan.
Authors: Naibaho, Feby Sulastri
Keywords: Kurikulum Merdeka;Motivasi Belajar;PKN
Issue Date: 26-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKN di SDN 064965 Sidodame, Kota Medan. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya kurikulum sebagai acuan pembelajaran, di mana Kurikulum Merdeka hadir sebagai upaya pemulihan pasca pandemi dengan pendekatan fleksibel, berpusat pada peserta didik, serta mengedepankan minat dan bakat siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Mereka terlihat lebih aktif, kreatif, dan antusias dalam mengikuti pembelajaran PKN. Meskipun demikian, penerapan kurikulum ini masih menghadapi tantangan, antara lain keterbatasan pemahaman guru terhadap kurikulum baru serta kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Namun, secara umum Kurikulum Merdeka terbukti cukup efektif dalam membangun motivasi belajar siswa melalui pendekatan menyenangkan, kontekstual, serta sesuai dengan kebutuhan dan potensi individu. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28643
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FEBRY.pdfFull Text6.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.