Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28639
Title: EVALUASI INTERAKSI TANAH STRUKTUR DAN RESPON DINAMIS TANAH TERHADAP ABUTMENT JEMBATAN KERETA API BH 38 BAJA LINGGEI - SIANTAR
Authors: Priyanto, Derry
Keywords: Interaksi Tanah-Struktur;Abutment Jembatan;Analisis Dinamis;Beban Gempa;Metode Elemen Hingga
Issue Date: 17-Sep-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Perencanaan jembatan konvensional seringkali mengasumsikan tumpuan jepit (fixed base), yang mengabaikan Interaksi Tanah-Struktur (SSI). Pendekatan ini dapat menghasilkan analisis yang kurang akurat, terutama pada struktur yang berada di atas tanah non-kaku, yang berpotensi menghasilkan desain yang terlalu konservatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh SSI terhadap respon dinamis, khususnya perpindahan (displacement) pada abutment Jembatan Kereta Api BH-38 Baja Linggei – Siantar, dan membandingkannya dengan kriteria batas layan. Metodologi penelitian menggunakan analisis elemen hingga dengan membandingkan empat model: (1) jembatan utuh dengan tumpuan jepit, (2) jembatan utuh dengan SSI yang dimodelkan sebagai pegas nonlinier (p y), (3) substruktur terisolasi dengan tumpuan jepit, dan (4) substruktur terisolasi dengan SSI. Beban gempa dianalisis menggunakan metode spektrum respons sesuai SNI 2833:2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa model yang paling realistis (Model 2: Utuh-SSI) menghasilkan perpindahan puncak kepala tiang abutment sebesar 17,62 mm , sementara metode desain konvensional (Model 3: Substruktur-Fixed) menghasilkan perpindahan yang jauh lebih besar, yaitu -40,16 mm. Jika dibandingkan dengan batas izin layan 1 inci (25,4 mm) , hasil dari analisis SSI (Model 2) menunjukkan bahwa struktur memenuhi syarat , sedangkan hasil dari pendekatan konvensional (Model 3) justru melebihi batas tersebut. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa pengabaian efek SSI menyebabkan sistem jembatan menjadi terlalu kaku, menarik gaya gempa yang lebih besar, dan menghasilkan estimasi perpindahan yang sangat konservatif. Penerapan analisis SSI terbukti krusial untuk memperoleh evaluasi kinerja struktur yang lebih akurat, aman, dan ekonomis.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28639
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR_DERRY PRIYANTO_2107210002.pdfFull Text4.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.