Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28631
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBr Tarigan, Shania Dewi Agitta-
dc.date.accessioned2025-09-23T09:14:04Z-
dc.date.available2025-09-23T09:14:04Z-
dc.date.issued2025-08-26-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28631-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) melalui inovasi application digital collaboration di Kelas IV SD 101849 Suka Makmur, dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Analysis, dilakukan identifikasi kebutuhan pembelajaran IPAS di kelas IV. Selanjutnya, pada tahap Design dan Development, media video pembelajaran IPAS dibuat dengan memanfaatkan aplikasi kolaborasi digital untuk meningkatkan interaktivitas dan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dihasilkan valid berdasarkan penilaian ahli media dan materi, praktis dalam penggunaannya, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa inovasi media application digital collaboration dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar, serta memberikan alternatif media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMedia Aplication Digital Colaborationen_US
dc.subjectPembelajaran IPASen_US
dc.subjectPendidikan Dasar.en_US
dc.titleInovasi Media Aplication Digital Colaboration Untuk Menghasilkan Video Pembelajaran Ipas Di Kelas IV SD 101849 Suka Makmuren_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
revisi 1.pdfFull Text5.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.