Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28630| Title: | Pengaruh Media Interaktif Berbasis ICT Terhadap Minat Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Ar Rahman |
| Authors: | Tanjung, Indah Lestari |
| Keywords: | Media Interaktif;ICT;Minat Belajar Siswa |
| Issue Date: | 26-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Interaktif Berbasis ICT (Information And Communication Technology) terhadap Minat Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Ar- Rahman. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media interaktif berbasis ICT (information and communication technology) yang berupa video terhadap minat belajar IPAS siswa kelas V SD Ar- Rahman. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Ar-Rahman. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji validitas instrumen dan hipotesis. Data yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media interaktif mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000. Maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang berikan oleh masing-masing variabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh penggunaan media intraktif terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan memperoleh rata-rata minat belajar siswa sebelum perlakuan 60,4 sedangkan psesudah perlakuan 82,5. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media interaktif berbasis ICT (information and communication technology) terhadap minat belajar IPAS siswa kelas V SD Ar- Rahman. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28630 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| skripsi_indah rev 1.pdf | Full Text | 6.28 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.