Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28625
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARI, NIKMA-
dc.date.accessioned2025-09-23T07:47:19Z-
dc.date.available2025-09-23T07:47:19Z-
dc.date.issued2025-08-25-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28625-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Ar Rahman yang dipengaruhi oleh kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang digunakan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Inside Outside Circle terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Ar Rahman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian, dengan teknik pengambilan sampel secara purposive berdasarkan karakteristik tertentu. Instrumen penelitian berupa tes berjumlah 15 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji product moment serta pengolahan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hal ini membuktikan bahwa penerapan strategi Inside Outside Circle berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Ar-Rahman.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectStrategi Inside Outsideen_US
dc.subjectCircle Hasil Belajar Ipsen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD AR RAHMANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DONE REVISI NIKMA SARI ))111.pdfFull Text4.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.