Abstract:
Suci ramadhani. Npm 1301270095. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah pada pt. Bprs al-washliyah medan. Skripsi program studi
perbankan syariah fakultas agama islam universitas muhammadiyah
sumatra utara, 2017.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pandangan nasabah tentang
kualitas pelayanan, menganalisis tingkat kepuasan yang dirasakan nasabah,
menganalisis pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada pt. Bprs al washliyah medan.
Persaingan perbankan pada saat ini sangat ketat. Untuk mengukur pengaruh
kualitas pelayanan memang tidak dapat di hindari oleh bank, karena bisnis
perbankan merupakan bisnis layanan (service). Bank-bank yang memberikan
layanan secara baik yang akan dicari oleh para nasabah. Dan ketidakpuasan
nasabah akan mudah sekali membuat para nasabah tersebut pindah ke bank lain.
Kepuasan nasabah adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang
berasal dari perbandingan antara kesan terhadap kinerja (hasil) suatu produk dan
harapan-harapan.
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang nasabah pt. Bprs al washliyah medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
angket. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan (1) pandangan nasabah tentang
kualitas pelayanan pt. Bprs al-washliyah medan mayoritas nasabah menyatakan
puas atas layanan bank tersebut. (2) tingkat kepuasan yang dirasakan nasabah pt.
Bprs al-washliyah medan mayoritas nasabah menyatakan puas dan bersedia
berkunjung kembali. (3) kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah pt. Bprs al-washliyah medan.