Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28613
Title: PENGARUH SURGING TURBOCHARGER HOLSET HX 85 PADA PERFORMA MAIN ENGINE CUMMINS KTTA 50 DITUGBOAT WARUNA MULIA
Authors: ROSIDI, JAINAL
Keywords: Turbocharger;Penumpukan Karbon
Issue Date: 30-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Turbocharger atau turbo adalah power tambahan untuk mesin, dimana komponen tersebut komponen vital dan berfungsi sebagai power pendongkrak untuk main engine dan menghasilkan tenaga mekanis untuk diteruskan pada baling- baling propeler dimana menjadi tenaga utama pada sebuah kapal untuk beroperasi. PT. Waruna Shipyard Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang ship repair atau perbaikan pada kapal yang terletak dijalan Bagan Deli Medan Belawan Sumatera Utara. Perbaikan pada turbocharger merupakan sebuah tujuan yang ingin dicapai untuk menunjang performa pada mesin, dimana apabila kapal mengalami kerusakan pada mesin dapat mengakibatkan kerugian akibat tertunda nya operasi pada kapal. Terutama pada kerusakan pada komponen turbocharger pada main engine atau penggerak utama pada kapal. Main engine kapal, atau mesin utama kapal, adalah mesin penggerak utama yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kapal. Mesin ini bisa berupa mesin diesel atau mesin uap. Main engine berperan penting dalam menggerakkan kapal, terutama untuk membawa muatan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain.Tujuan dalam penelitian ini untuk menentukan akar penyebab dari kerusakan pada turbocharger yang mengalami perubahan bentuk dan warna pada blade dan kompresor. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini visual inspeksi dan melepas komponen turbocharger. Hasil dan pembahasan dari penelitian didapat perubahan bentuk dan warna pada turbocharger, berawal dari material turbin blade (berputar) spalling, sehingga tergerus dengan gas buang main engine. Putaran yang terus menerus yang terjadi mengakibatkan perubahan cleren pada turbin blade dan mengakibatkan blade berputar dan terjadi putaran yang tidak stabil. setelah dilaksanakan gap dan pergantian komponen dalam pada turbocharger menunjukkan perubahan pada kondisi sebelum perbaikan. Berdasarkan analisis, penyebab dari penumpukan karbon pada bilah bilah blade turbocharger adalah Kerusakan bilah,perawatan pada turbocharger.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28613
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LANGSUNG_SIDANG JAYYY 3 (1).pdfFull Text5.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.