Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28609
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSAFITRI, FADILLAH-
dc.date.accessioned2025-09-23T03:01:59Z-
dc.date.available2025-09-23T03:01:59Z-
dc.date.issued2025-08-07-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28609-
dc.description.abstractTujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui Tingkat kevalidan media. (2) Mengetahui tingkat kepraktisan media. (3) Mengetahui bagaimana produk Smart Pinwheel pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas II.. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analyze atau Analisis; (2) Design atau Perancangan; (3) Development atau Pengembangan; (4) Implementation atau Penerapan; (5) Evaluation atau Evaluasi. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation atau Penerapan, dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Smart Pinwheel pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas II. Berdasarkan hasil validasi terhadap media Smart Pinwheel 95% untuk ahli materi, 93% untuk ahli media, 95% untuk ahli bahasa, artinya media pembelajaran masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon peserta didik diperoleh nilai 87% dan untuk respon guru diperoleh nilai 90%, artinya media pembelajaran masuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Pinwheel dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectSmart Pinwheelen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA SMART PINWHEEL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 104276en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DONE_SKRIPSI_FADILLAH_SAFITRI[1] (1).pdfFull Text2.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.