Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28607| Title: | PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KOSAKATA (PAKOTA) TERHADAP RESPON PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN |
| Authors: | VIONA, PUTRI |
| Keywords: | Media Pembelajaran Papan Kosakata (PAKOTA);Model Pembelajaran ADDIE |
| Issue Date: | 7-Aug-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Tujuan Penelitian ini untuk : (1) Untuk mengetahui pengembangan media papan kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21 Medan. (2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan media papan kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21 Medan. (3) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media papan kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), dan (5) evaluation (evaluasi). Penelitian ini menghasilkan media papan kosakata di kelas III SD Muhamamdiyah 21 Medan. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh 90%, hasil validasi ahli materi memperoleh 91% dan hasil validasi ahli desaian memperoleh 87,5%. Hasil kepraktisan terhadap media papan kosakata untuk merespon guru 92% dan untuk respon siswa diperoleh sebanyak 93%, artinya media pembelajaran masuk kedalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan kosakata sudah dinyatakan sangat valida dan sangat praktis. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28607 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Skripsi Fix putri viona (1).pdf | Full Text | 2.21 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.