Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28607
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KOSAKATA (PAKOTA) TERHADAP RESPON PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN
Authors: VIONA, PUTRI
Keywords: Media Pembelajaran Papan Kosakata (PAKOTA);Model Pembelajaran ADDIE
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Tujuan Penelitian ini untuk : (1) Untuk mengetahui pengembangan media papan kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21 Medan. (2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan media papan kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21 Medan. (3) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media papan kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), dan (5) evaluation (evaluasi). Penelitian ini menghasilkan media papan kosakata di kelas III SD Muhamamdiyah 21 Medan. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh 90%, hasil validasi ahli materi memperoleh 91% dan hasil validasi ahli desaian memperoleh 87,5%. Hasil kepraktisan terhadap media papan kosakata untuk merespon guru 92% dan untuk respon siswa diperoleh sebanyak 93%, artinya media pembelajaran masuk kedalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan kosakata sudah dinyatakan sangat valida dan sangat praktis.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28607
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Fix putri viona (1).pdfFull Text2.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.