Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28584
Title: IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SDN 064965 SIDODAME KOTA MEDAN
Authors: PAKPAHAN, YASRI HANNISYAH
Keywords: Profil Pelajar Pancasila;Pendidikan Kewarganegaraan
Issue Date: 22-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) serta mengetahui sejauh mana implementasi tersebut mampu membentuk karakter siswa kelas V di SDN 064965 Sidodame, Kota Medan. Latar belakang dari penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kurikulum melalui penguatan profil pelajar Pancasila yang mencakup enam dimensi utama, yaitu: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, gotong royong, kebhinekaan global, dan kreatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PKN telah dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru dan kurangnya fasilitas pendukung. Secara keseluruhan, implementasi ini memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa yang lebih religius, disiplin, bertanggung jawab, serta memiliki semangat kebangsaan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan sekolah dalam mengoptimalkan pelaksanaan profil pelajar Pancasila guna mencetak generasi yang berkarakter dan berdaya saing global.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28584
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi yasri hannisyah wis udah.pdfFull Text5.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.