Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi
dan kelompok referensi terhadap keputusan nasabah pada PT. Bank Syariah
Mandiri Cabang Sukaramai. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode
penilitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji serempak diperoleh
bahwa nilai Fhitung (93,543) > Ftabel (3,12), dan sig. α (.000a
) < 5% (0,05). Dengan
demikian secara serempak persepsi dan kelompok referensi memiliki pengaruh
serta hubungan yang positif terhadap keputusan nasabah PT. Bank Syariah
Mandiri Cabang Sukaramai. Berdasarkan uji parsial variabel persepsi nilai t hitung
1,866 > nilai t tabel 1,666 dengan nilai sig. ,066. Hal ini menunjukkan ada
pengaruh persepsi tetapi tidak signifikan terhadap keputusan nasabah PT. Bank
Syariah Mandiri Cabang Sukaramai . Variabel kelompok referensi nilai t hitung
12,159 > nilai t tabel 1,666 dengan nilai sig. ,000. Menunjukkan kelompok
referensi memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan nasabah PT.
Bank Syariah Mandiri Cabang Sukaramai. Nilai koefisien determinasi sebesar
0,722. Hal ini menunjukkan bahwa 72,2% variabel persepsi dan kelompok
referensi menjelaskan variabel keputusan nasabah PT. Bank Syariah Mandiri
Cabang Sukaramai . Sedangkan 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti