Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28547
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA BAKTI 1 MEDAN
Authors: WULANDARI, JENISYA
Keywords: Model pembelajaran Project Based Learning;Meningkatkan Hasil Belajar Ipa
Issue Date: 17-Jun-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Swasta Bakti 1 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus . Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Swasta Bakti 1 Medan berjumlah 10 siswa laki-laki dan 10 siswa Perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal tes. Teknis analisis data yang digunakan yaitu Teknik perhitungan analisis lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar ipa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learnimg. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pra-penelitian hingga siklus II. Pada pra penelitian, rata-rata nilai siswa adalah 59 dengan tingkat ketuntasan 35% (7 siswa tuntas). Pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 68 dengan tingkat ketuntasan 32% (6 siswa tuntas). Pada siklus II, rata-rata nilai mencapai 85 dengan ketuntasan 85% (17 siswa tuntas).Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PjBL terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa baik dari segi rata-rata nilai maupun persentase ketuntasan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28547
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DATA 3 ) SKRIPSI JENISYA WULANDARI 01[1].pdfFull Text6.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.