Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28526
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHUSSEIN, MHD. IQBAL-
dc.date.accessioned2025-09-19T04:26:06Z-
dc.date.available2025-09-19T04:26:06Z-
dc.date.issued2025-06-20-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28526-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui lkonsep pemikiran guru, peran guru agama Islam dan faktor pendukung serta penghambat mengembangkan nilai-nilai keIslaman di SMP Muhammadiyah 57 Medan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data menggunakan proses wawancara, mereduksi data, serta penarikan kesimpulan. Pada Penelitian ini menunjukan bahwasanya Penerapan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan prinsip-prinsip berikut ini. Pertama, didasarkan pada pandangan bahwa manusia dilahirkan dengan potensi bawaan tertentu dan dengan itu ia mampu berkembang secara aktif dengan lingkungannya; Kedua, metode pembelajaran didasarkan pada karakteristik masyarakat madani, yaitu manusia yang bebas berekspresi dari ketakutan, Ketiga, metode pembelajaran didasarkan pada prinsip learning kompetensi, yang diarahkan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap, wawasan dan penerapannya sesuai dengan kriteria atau tujuan pembelajaran. Peran guru sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran diindikasikan dengan guru memiliki bahan referensi yang lebih banyak dibandingkan dengan peserta didik, guru dapat menunjukkan sumber belajar yang dapat dipelajari oleh peserta didik yang berkemampuan di atas rata-rata. Banyak faktor mendukung yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai agama untuk meningkatkan karakter siswa dari luar diri para siswa yaitu : keluarga, guru, lingkungan dan masyarakat. Berdasarkan analisis, dapat di simpulkan bahwa, Konsep dan pemikiran guru agama dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan yaitu: pembiasaan sholat dhuha dan zuhur berjamaan, uswatun hasanah, bimbingan, menceritakan kisah-kisa nabi dan rosul, reword and punishment, diskusi. Dasar yang digunakan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter Islami adalah Al-Qur'an dan Sunnah. Ada beragam peran guru Pendidikan Agama Islam yaitu sebagai pembimbing, pendidik, motivator, evaluator, model dan teladan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.subjectPeran Guru Agamaen_US
dc.titleANALISIS PERAN GURU AGAMA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skrips1.pdfFull Text1.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.