Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28524
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRITONGA, YUSPITA-
dc.date.accessioned2025-09-19T04:14:40Z-
dc.date.available2025-09-19T04:14:40Z-
dc.date.issued2025-08-22-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28524-
dc.description.abstractMedan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman nilai-nilai budaya Melayu dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 064965 Sidodame Kota Medan. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya pelestarian budaya lokal di tengah derasnya arus globalisasi, serta masih rendahnya integrasi budaya Melayu dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru kelas IV, siswa, serta pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya Melayu seperti religiusitas, kesopanan, gotong royong, dan kearifan lokal telah ditanamkan dalam pembelajaran IPAS, namun penerapannya belum optimal karena keterbatasan media pembelajaran, pemahaman guru, dan kurangnya dukungan institusional. Kendala-kendala tersebut diupayakan diatasi melalui pencarian referensi tambahan, adaptasi kurikulum, serta inisiatif pribadi guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penanaman nilai budaya melayu dalam pembelajaran IPAS memiliki potensi besar dalam membentuk karakter siswa yang berbudaya dan berakhlak, namun memerlukan strategi, sumber daya, dan dukungan lebih lanjut dari berbagai pihak.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectNilai budaya Melayuen_US
dc.subjectpembelajaran IPASen_US
dc.titleANALISIS PENANAMAN NILAI-NILAI BUDAYA MELAYU DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 064965 SIDODAME KOTA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YUSPITA_RITONGA_bismillah acc wisuda_aamiin(new).pdfFull Text3.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.