Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28506
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSeptianingsih, Feni-
dc.date.accessioned2025-09-18T08:57:23Z-
dc.date.available2025-09-18T08:57:23Z-
dc.date.issued2025-09-09-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28506-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan pembelajaran, faktor faktor yang mempengaruhi dan mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan pembelajaran akidah akhlak yang digunakan yaitu Dengan melaksanakan program dan kebijakan sekolah, metode ceramah dengan pendekatan kontekstual, integrasi nilai gotong royong, penerapan nilai sopan santun lokal dan penggunaan cerita rakyat. Adapun faktor yang mempengaruhi efektifitas pendekatan pembelajaran akidah akhlak ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu berupa dukungan masyarakat dan keterbatasan sumber daya. Mengintegrasikan kearifan lokal pembelajaran akidah akhlak secara efektif dengan cara pendekatan kontekstual dan experintial berupa menghubungkan materi akidah akhlak dengan praktik budaya lokal, menggunakan contoh nyata dari kehidupan masyarakat setempat dan memanfaatkan pengalaman cerita dari lingkungan siswa Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran akidah akhlak berbasis kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai akhlak siswa. Pembelajaran menjadi lebih kontekstual, menarik dan bermakna karena siswa dpaai mengaitkan nilai-nilai akhlak dengan tradisi lokal.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPendekatan Pembelajaranen_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.subjectKearifan Lokalen_US
dc.titlePendekatan Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kearifan Lokal Di MA Darul Hikmah Sirandorungen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Feni.pdfFull Text2.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.