Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28486
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | -, FADHILA | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-18T03:24:20Z | - |
dc.date.available | 2025-09-18T03:24:20Z | - |
dc.date.issued | 2025-07-07 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28486 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik pembiasaan sedekah yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 57 Medan serta menganalisis dampaknya terhadap pembentukan karakter sosial siswa. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki kepedulian dan empati terhadap sesama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan sedekah dilakukan secara rutin melalui kegiatan Jumat Sedekah, yang melibatkan siswa, guru, dan pihak sekolah. Program ini tidak hanya membiasakan siswa untuk berbagi, tetapi juga menumbuhkan sikap peduli, empati, tanggung jawab sosial, dan solidaritas di kalangan siswa. Pembiasaan sedekah terbukti menjadi salah satu strategi efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial secara kontekstual dan berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan agar kegiatan serupa terus dilaksanakan dan dikembangkan dengan melibatkan partisipasi aktif orang tua dan masyarakat. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | pembiasaan sedekah | en_US |
dc.subject | karakter sosial | en_US |
dc.title | KSPLORASI PEMBIASAAN SEDEKAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER SOSIAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Revisi Sidang Skripsi Fadhila.pdf | Full Text | 3.08 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.