Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28482
Title: PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP AL-WASHLIYAH 31 MEDAN
Authors: KHAIRINA, NADIA
Keywords: Media pembelajaran interaktif;kemampuan siswa
Issue Date: 13-Jun-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini ingin memahami penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Washliyah 31 Medan. Hal ini dilakukan dengan mengamati dan menganalisis penggunaan media tersebut dalam pembelajaran sehingga memengaruhi tingkat kreativitas siswa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru dan media yang digunakan hanya berupa buku paket. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kurangnya media yang menarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran nteraktif dalam meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PAI. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Washliyah 31 Medan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media interaktif dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui tampilan visualisasi gambar, animasi, audio, dan video. Siswa merasa senang, tidak adanya kebosanan dan semua siswa fokus dengan media dan materi yang diberikan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Powerpoint dalam mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Al-Washliyah 31 Medan. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai siswa di atas KKM.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28482
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Revisi skripsi baru.pdfFull Text3.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.