Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28417
Title: Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ULntulk Meninggkatkan Kemampulan Berbicara Siswa Kelas III MIS Nulrull Iman.
Keywords: Model pembelajaran CIRC;Kemampulan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakulkan oleh peneliti pada tanggal 20 Februlari 2025 di MIS Nulrull Iman, membulktikan bahwa terdapat beberapa siswa kelas III MIS Nulrull Iman yang kesullitan dalam kemampulan berbicara, kulrangnya keberanian siswa ulntulk mengemulkakan pendapat ataul bertanya, penggulnaan kosakata yang terbatas, kulrangnya rasa percaya diri, serta adanya siswa yang memiliki sifat introvert dan gulrul yang mengajar masih menggulnakan model ataul metode ceramah serta belulm mengetahuli model pembelajaran yang sesulai ulntulk meningkatkan kemampulan berbicara siswa. Dengan adanya bulkti berulpa hasil dari lembar observasi yang telah peneliti berikan kepada siswa-siswi dan julga berulpa wawancara kepada gulrul kelas mengenai proses pembelajaran dan kemampulan siswa-siswi tersebult. Penelitian ini bertuljulan ulntulk meningkatkan kemampulan berbicara siswa pada kelas III MIS Nulrull Iman dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Coomposition (CIRC). Penelitian ini merulpakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakulkan dengan II sikluls. Dengan sulbjek penelitian siswa kelas III MIS Nulrull Iman yang berjulmlah 14 laki-laki dan 11 perempulan. Instrulmen penelitian yang digulnakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas gulrul. Teknik analisa data yang digulnakan yaitul deskriptif kulantitatif. Hasil penelitian menulnjulkkan bahwa adanya peningkatan kemampulan berbicara siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Coomposition (CIRC). Peningkatan kemampulan berbicara siswa pada sikluls I menuljulkkan bahwa siswa yang aktif ataul sesulai KKM yaitul sebanyak 10 siswa (40%) sedangkan yang kulrang aktif yaitul sebanyak 15 siswa (60%). Dan pada sikluls II menulnjulkkan bahwa siswa yang aktif ataul sesulai KKM semakin meningkat yaitul sebanyak 23 siswa (92%) dan yang kulrang aktif hanya 2 siswa (8%).
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28417
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Maya.pdfFull Text2.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.