Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28415
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Aisyah, Siti | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-15T09:39:16Z | - |
dc.date.available | 2025-09-15T09:39:16Z | - |
dc.date.issued | 2025-04-27 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28415 | - |
dc.description.abstract | Pada jenjang sekolah dasar penggunaan media sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran, media diharapkan mampu menjadi suatu perantara untuk menyampaikan isi materi secara lebih mudah untuk dipahami, terutama bagi peserta didik. Guru yang kurang menerapkan media pembelajaran memberikan dampak peserta didik menunjukkan sikap kurang minat dalam memperhatikan guru dalam menjelaskan materi. Untuk mendukung proses pembelajaran perlu adanya media yang inovatif salah satunya yaitu menggunakan media pembelajaran berbasis permainan. Ular tangga sebagai salah satu permainan yang menyenangkan dapat dimodifikasi menjadi media pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga sebagai media ajar yang menarik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun, pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap implementation. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V SD PAB 25 Medan, dengan jumlah peserta didik 17 siswa. Instrument pokok dalam pengembangan ini adalah lembar kevalidan dan kepraktisan media. Tingkat kevalidan dan kepraktisan media ular tangga dilihat berdasarkan pada penilaian oleh validator ahli media yaitu dengan presentase nilai “98%” dan validator hali materi yaitu dengan presentase nilai “86%” dengan kriteria sangat valid yang artinya media “Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kemudian hasil dari nilai kepraktisan siswa dengan presentase “92%” dan hasil nilai kepraktisan guru dengan presentase nilai “92%” dengan kriteria sangat praktis, yang artinya media “Layak” untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.subject | Media Ular Tangga | en_US |
dc.subject | Pembelajaran | en_US |
dc.subject | IPAS | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Ajar Ular Tangga Berbasis Permainan Dalam Pelajaran IPAS Di Kelas V SD PAB 25 Medan. | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SITI AISYAH_21.pdf | Full Text | 4.99 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.