dc.description.abstract |
Kualitas Pelayanan dan Citra Merek sangat erat hubungannya dengan
Keputusan Nasabah Menabung, baik keputusan pembelian yang dilakukan oleh
perorang, kelompok maupun organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan
keinginan baik terhadap kebutuhan barang ataupun jasa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan
Nasabah Menabung dan Citra Merek terhadap Keputusan Nasabah Menabung.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang
menggunakan produk mandiri pada PT Bank Mandiri Bank Mandiri Area Medan
Imam Bonjol, jumlah sebanyak 100 responden, Peneliti mengambil sampel
dengan teknik Accidental Sampling. Pendekatan penelitian yang dilakukan penulis
adalah asosiatif dan kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X )
secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Nasabah Menabung (Y) dengan nilai hitung t 9,997 > t 1,984, dan
variabel Citra Merek (X ) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan Nasabah Menabung (Y) dengan nilai hitung t 2,853 > t
1,984. Berdasarkan uji simultan Variabel Kualitas Pelayanan dan Citra Merek
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah Menabung
dengan nilai f 102,561 > f 3,09 dan nilai koefisien determinasi yang
diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,679. Hal ini memiliki arti bahwa 67,90%
variabel Keputusan Nasabah Menabung dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas
Pelayanan (X ) dan Citra Merek (X ). Sedangkan sisanya sebesar 32,10% dapat
dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian
ini. |
en_US |