Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28392
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPANJAITAN, NETTY-
dc.date.accessioned2025-09-15T03:14:27Z-
dc.date.available2025-09-15T03:14:27Z-
dc.date.issued2025-08-25-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28392-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sains sebelum dan sesudah menggunakan metode praktikum pada pembelajaran IPAS siswa kelas V SD AR-Rahman dan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum terhadap keterampilan sains pada pembelajaran IPAS siswa kelas V SD AR-Rahman. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Berdasarkan hasil pre-test presentase keterampilan sains siswa sebelum menggunakan metode praktikum di kelas V SD Ar Rahman menunjukan dari 20 responden atau sampel terdapat 85% keterampilan sains siswa dalam kategori rendah, 15% keterampilan sains siswa dalam kategori sedang. Rata-rata keterampilan sains sebelum diberi perlakuan ( pretest ) yaitu 64,25% berada pada rentang < 70 yang berarti dalam kategori rendah. Maka dapat disimpulkan keterampilan sains sebelum menggunakan metode praktikum dikelas V SD Ar Rahman termasuk kategori rendah. 2. Berdasarkan hasil post-test analisis sesudah metode praktikum dikelas V SD Ar Rahman presentase menunjukan dari 20 responden terdapat 95 % keterampilan sains siswa dalam kategori tinggi, 5 % keterampilan sains siswa dalam kategori sedang. Dan rata-rata keterampilan sains siswa sesudah diberikan perlakuan atau menggunakan metode praktikum (posttest) yaitu 87,6% berada pada rentang nilai interval ≥71 yang berarti dalam kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan keterampilan sains siswa sesudah menggunakan metode pratikum dikelas V SD Ar Rahman termasuk kategori tinggi. 3. Berdasarkan uji t diperoleh nilai sig. ( 2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. karena dalam pengambilan keputusan analisis uji-t jika nilai signifikansi ≤ 0,05 maka terdapat pengaruh. Berdasatkan pedoman uji-t test maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode praktikum terhadap keterampilan sains siswa. Maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh penggunaan metode praltikum terhadap keterampilan sains siswa pada pembelajaran IPAS Kelas V SD Ar-Rahman.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMetode Praktikumen_US
dc.subjectKeterampilan Sainsen_US
dc.titlePENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN SAINS PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD AR-RAHMANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi netty FINAL LUX.pdfFull Text5.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.