dc.description.abstract |
Minat beli merupakan kecenderungan seseorang untuk bertindak sebelum
keputusan membeli benar-benar dilaksanakan, minat beli dapat didasari oleh
pengaruh informasi yang diperoleh baik dari iklan dan kualitas produk yang
dimiliki dengan tujuan untuk menyakinkan konsumen dalam membeli suatu
produk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
iklan terhadap minat beli produk smartphone Vivo. Apakah ada pengaruh
kualitas produk terhadap minat beli smartphone Vivo secara parsial, dan apakah
terdapat pengaruh secara bersama-sama antara minat dan kualitas produk
terhadap minat beli smartphone Vivo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis UMSU.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh mahasiswa/i
pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Sampel penelitian diambil dengan
menggunakan teknik Accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel
berdasarkan kebetulan sebanyak 90 responden. Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien
determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Iklan (X1) secara parsial
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli (Y) dengan nilai
thitung 3.004 > ttabel 1.987, dan variabel kualitas produk (X2) memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli (Y) dengan nilai thitung 2.751 > ttabel
1.987. Berdasarkan uji secara simultan variabel Iklan (X1) dan kualitas produk
(X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y)
dengan nilai fhitung 17.646 > ftabel 3.101 dan nilai koefisien determinasi
(R square) yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,289. Hal ini memiliki
arti bahwa 28,90% variabel minat beli (Y) dapat dijelaskan oleh variabel Iklan
(X1) dan kualitas produk (X2). Sedangkan sisanya sebesar 71,10% dapat
dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam
penelitian ini. |
en_US |