Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28377
Title: HUBUNGAN KEKERASAN VERBAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PADA SISWA KELAS III SMP KESATRIA MEDAN
Other Titles: INDAH LATIFAH ZULITA
Authors: ZULITA, INDAH LATIFAH
Keywords: Kekerasan verbal;perkembangan kognitif;anak;usia remaja;SMP
Issue Date: 17-Jul-2025
Abstract: Pendahuluan: Kekerasan verbal merupakan bentuk kekerasan non-fisik yang dapat berdampak negatif terhadap perkembangan kognitif anak. Kekerasan verbal termasuk penghinaan, ejekan, atau ucapan merendahkan yang sering terjadi di lingkungan rumah maupun sekolah. Pada masa remaja, perkembangan kognitif sangat penting dalam mendukung prestasi akademik dan kesejahteraan psikologis anak. Tujuan: Mengetahui hubungan antara kekerasan verbal dengan perkembangan kognitif pada siswa kelas III SMP Kesatria Medan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analitik dan desain cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 64 siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kekerasan verbal dan kuesioner perkembangan kognitif. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square. Hasil: Mayoritas siswa mengalami kekerasan verbal ringan (75%) dan memiliki perkembangan kognitif dalam kategori sedang (59,4%). Hasil uji chi-square menunjukkan nilai p = 0,142, yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kekerasan verbal dengan perkembangan kognitif. Kesimpulan: Tidak ditemukan hubungan bermakna antara kekerasan verbal terhadap perkembangan kognitif anak berdasarkan usia maupun jenis kelamin. Namun, tingginya angka kekerasan verbal menunjukkan pentingnya perhatian dan edukasi dari pihak sekolah dan orang tua.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28377
Appears in Collections:Medical science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
INDAH LATIFAH ZULITA.pdf2.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.