Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28376
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSudarmansyah, Armanusah Fazira-
dc.date.accessioned2025-09-12T12:24:29Z-
dc.date.available2025-09-12T12:24:29Z-
dc.date.issued2025-08-30-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28376-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan Islam perspektif Syeikh Taqiyuddin an Nabhani sebagaimana termuat dalam kitab Nidzamul Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi tokoh, yang memfokuskan pada pemikiran pendidikan beliau, landasan filosofis, metode, dan relevansinya dalam konteks pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam menurut Syeikh Taqiyuddin an Nabhani berlandaskan akidah Islam, bertujuan membentuk kepribadian Islam, dan membekali peserta didik dengan ilmu yang relevan dengan kehidupan. Kurikulum, metode, dan materi pembelajaran harus selaras dengan akidah Islam tanpa adanya penyimpangan. Pemikiran ini menekankan pentingnya integrasi antara pengembangan akal, pembinaan akhlak, dan penguatan tsaqafah Islam, sehingga diharapkan mampu melahirkan generasi muslim yang memiliki kepemimpinan berpikir (qiyadah fikriyah) dan pandangan hidup Islam yang utuh. Konsep ini relevan untuk diterapkan di era modern sebagai solusi terhadap degradasi moral dan krisis multidimensional yang dihadapi umat Islam.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.subjectTaqiyuddin an Nabhanien_US
dc.subjectNidzamul Islamen_US
dc.subjectKepribadian Islamen_US
dc.subjectKurikulum Berbasis Akidahen_US
dc.titleAnalisis Konsep Pendidikan Islam Perspektif Syeikh Taqiyuddin An Nabhani Dlam Kitab Nidzamul Islamen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARMANUSAH FAZIRA SUDARMANSYAH 1801020104.pdfFull Text4.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.