Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28316
Title: Strategi Pemasaran Usaha Pembibitan Durian Musang King di Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai
Authors: Ardhana, Rizky
Keywords: Strategi Pemasaran;Analisis SWOT;Pembibitan Durian Musang King
Issue Date: 28-Jul-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2025 di Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi pemasaran efektif menggunakan metode deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha pembibitan Durian Musang King di Kelurahan Kebun Lada memiliki kekuatan berupa modal, luas lahan, dan keahlian. Kelemahannya meliputi manajemen usaha, kurangnya promosi, dan belum ada legalitas. Peluang yang ada adalah permintaan permintaan pasar, peluang kemitraan, dan dukungan pemerintah, namun dihadapkan pada ancaman seperti persaingan ketat, fluktuasi harga, dan perubahan iklim. Berdasarkan analisis SWOT, usaha ini berada pada Kuadran II (strategi diversifikasi), dengan skor IFE 2,52 dan EFE 2,39. Selisih positif pada faktor internal menunjukkan kekuatan lebih dominan, sementara selisih negatif pada faktor eksternal menunjukkan ancaman lebih besar dari peluang. Strategi yang disarankan adalah strategi ST dengan memanfaatkan kekuatan untuk menghadapi ancaman.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28316
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_RIZKY ARDHANA (2104300030).pdfFull Text2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.