Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28270
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTANTRI, KESUMA DWI-
dc.date.accessioned2025-09-08T02:44:12Z-
dc.date.available2025-09-08T02:44:12Z-
dc.date.issued2025-05-27-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28270-
dc.description.abstractJenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Develooment) dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPAS pada materi ekosistem di kelas V SD Swasta Bersubsidi Bakti I. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan buku saku sebagai bahan ajar, menguju tingkat kevalidannya, serta menilai kepraktisannya dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem. Model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE, yang mencakup tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. Hasil dari penelitian ini adalah buku saku pembelajaran IPAS materi ekosistem yang telah divalidasi oleh para ahli dengan hasil sebagai berikut: validasi dari ahli materi sebesar 97,33% “sangat valid”, validasi dari ahli media sebesar 96% “sangat valid”, validasi dari ahli bahasa sebesar 98% “sangat valid”. Untuk menilai kepraktisan, diperoleh hasil dari repon guru sebesar 98% “sangat praktis”, dan dari uji coba terhadap siswa kelas V SD Swasta Bersubsidi Bakti I yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan didapatkan skor kepraktisan sebesar 92,29% “sangat praktis”. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa bahan ajar buku saku yang telah dikembangkan tergolong memiliki tingkat kevalidan dan kepraktisan yang sangat tinggu, sehingga dinyatakan “layak” digunakan dalam kegiatan pembelajaran.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPengembangan Bahan Ajaren_US
dc.subjectBuku Sakuen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM DI KELAS Ven_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FIX_SKRIPSI_KESUMA DWI TANTRI (2102090024).pdfFull Text6.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.