Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28255
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHIDAYAH, CINDY NUR-
dc.date.accessioned2025-09-02T03:20:53Z-
dc.date.available2025-09-02T03:20:53Z-
dc.date.issued2025-08-07-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28255-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengkaji penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Al- Washliyah 31 Medan. Latar permasalahan muncul dari rendahnya keterlibatan aktif siswa akibat metode pembelajaran yang masih dominan bersifat konvensional, sehingga proses belajar cenderung berfokus pada hafalan daripada pemahaman mendalam. PBL dipilih karena menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran melalui pemecahan masalah nyata secara kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dilengkapi triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berlangsung terencana, sistematis, dan kontekstual sesuai kebutuhan siswa. Perencanaan guru yang matang menghasilkan strategi pembelajaran berbasis masalah yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam mengidentifikasi masalah, menyusun argumen, berdiskusi, dan menarik kesimpulan. Evaluasi pembelajaran memperlihatkan bahwa PBL berperan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, termasuk kemampuan merumuskan masalah, menganalisis informasi secara logis, mengemukakan pendapat rasional, dan menyusun solusi berbasis bukti. Penelitian ini mengindikasikan bahwa PBL membantu siswa mengembangkan pemahaman materi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang esensial untuk menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subject: berpikir kritisen_US
dc.subjectdeskriptif kualitatifen_US
dc.titlePENERAPANMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP AL-WASHLIYAH 31 MEDAN)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CINDY NUR HIDAYAH (2101020060).pdfFull Text1.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.