Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28251
Title: PENGARUH SRATEGI WHOLE CLASS CHORAL READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SDS MUHAMMADIYAH 19 MEDAN
Authors: MADANI S, QAHIRA
Keywords: Strategi Whole Class Choral Reading;Keterampilan Membaca
Issue Date: 25-May-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya keterampilan dan kemampuan membaca peserta idik dalam proses pembelajaran terutama bagi siswa kelas III. Ketidakmampuan dalam keterampilan membaca ini disebabkan oleh kurangnya strategi dan metode yang diterapkan oleh guru, serta keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Whole Class Choral Reading Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SDS Muhammadiyah 19 Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sisa kelas III SDS Muhammadiyah 19 Medan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Strategi Whole Class Choral Reading sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan 4 uji yaitu expert judgement, uji normalitas, uji homogenitas dan yag terakhir uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji T. Pengujian hipotesis menggunakan Paired sampel T-Test yang didahului oleh uji sebelumnya. Menurut hasil uji t (Independent Samples Test) yang dilaksanakan pada Strategi Whole Class Choral Reading (X) dan keterampilan membaca (Y) menunjukkan nilai (2- tailed) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,05. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, terdapat dampak dari penggunaan Strategi Whole Class Choral Reading terhadap keterampilan membaca siswa kelas III pada pembelajaran bahasa Indonesia SDS Muhammadiyah 19 Medan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28251
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI QAHIRA MADANI FIX.pdfFull Text2.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.